Jaringan WLAN

PENGERTIAN JARINGAN WLAN



WLAN adalah singkatan dari "Wireless Local Area Network," yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai "Jaringan Area Lokal Nirkabel." Ini adalah jenis jaringan komunikasi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya ke internet atau jaringan lokal tanpa menggunakan kabel fisik.

WLAN biasanya menggunakan teknologi seperti Wi-Fi (Wireless Fidelity) untuk mengirim data secara nirkabel melalui gelombang radio. Jaringan WLAN biasanya digunakan di berbagai lingkungan, termasuk rumah, kantor, sekolah, bandara, kafe, dan tempat umum lainnya. Keuntungan utama dari WLAN adalah mobilitas, karena perangkat yang terhubung dapat bergerak bebas tanpa terikat oleh kabel, selama mereka berada dalam jangkauan jaringan nirkabel.

WLAN juga memungkinkan berbagi sumber daya seperti printer, berkas, dan koneksi internet dengan perangkat yang terhubung, sehingga memudahkan kolaborasi dan berbagi informasi di antara perangkat dalam jaringan.


Komentar